Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Massa Gelar Aksi Damai Tolak Vonis Lepas Kades Dadahup

  • Oleh Apriando
  • 23 Juni 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Puluhan massa Desa Dadahup kabupaten Kapuas melakukan aksi demonstrasi di depan Pengadilan Tipikor Palangka Raya, Kamis, 23 Juni 2022.

Aksi damai tersebut adalah bentuk kekecewaan mereka terhadap putusan Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi yang menjatuhkan vonis lepas kepada Kepala Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Gunawan Samsi.

Arbet salah perwakilan Desa Dadahup, menyampaikan pernyataan sikap, atas putusan hakim yang mereka nilai bertentangan dengan asas keadilan.

"Putusan majelis hakim kami rasa bertentangan dengan asas keadilan. Pungli yang dilakukan oleh Gunawan Samsi mutlak tindak pidana Korupsi. Hakim yang menangani perkara Kades Dadahup untuk diperiksa dan dinonaktifkan," katanya saat membacakan pernyataan sikap masyarakat Desa Dadahup di depan halaman Pengadilan Tipikor Palangka Raya menggunakan pengeras suara.

Dalam pantauan lapangan beberapa masyarakat membawa spanduk -spanduk masing-masing yang bertuliskan Putusan "perkara Kades Dadahup sangat mencindrai rasa keadilan hati masyarakat khususnya masyarakat Dadahup yang menjadi korban perbuatan oknum kades".

Aksi tersebut diakhiri dengan penyerahan surat pernyataan sikap dari Warga Desa Dadahup yang diterima langsung oleh Pejabat Humas Pengadilan Negeri Palangka Raya Yudi Eka Putra.

Yudi mengatakan menghargai niat baik masyarakat dalam rangka mengawal penegakan hukum. Memberikan pendapat diperbolehkan sepanjang masih dalam koridornya.

"kami menghargai dan menerima dengan baik, aspirasi ini akan kami jadikan koreksi dan perbaikan," tegasnya saat menemui massa. (APRIANDO/B-5)

Berita Terbaru