Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Penghubung Desa Rungun - Kondang Terendam Banjir

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Juni 2022 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meluapnya air Sungai Pamandau lantaran tingginya curah hujan belakangan ini membuat jalan penghubung antara Desa Rungun dan Desa Kondang, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kabupaten Kotawaringin Barat terendam banjir.

Dedy, warga Desa Rungun mengatakan kondisi tersebut sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir. 

"Ketinggian air yang menggenagi jalan penghubung tersebut bervariasi, mulai setinggi mata kaki hingga selutut orang dewasa," ujar Dedy, Kamis 23 Juni 2022.

Akibat tergenangnya jalan penghubung ini untuk memudahkan transportasi kelokasi lainnya dan sebagian warga mulai beralih menggunakan sarana transportasi perahu getek.

"Sekitar 4 hari kondisi banjir terjadi, ketinggian air sekitar setengah motor bila berada di badan jalan. Untuk kendaraan lain seperti mobil, masih bisa lewat. Saat ini banyak warga yang sudah menggunakan perahu getek bila bermaksud menuju Desa Rungun," ujarnya.

Dedy yang merupakan mantan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berharap agar Pemkab Kobar bisa menepati janjinya untuk melakukan peningkatan jalan agar terbebas dari banjir tahunan.

"Kami berharap agar Pemkab Kobar bisa merealisasikan janji tersebut. Karena lokasi badan jalan itu perlu untuk ditingkatkan akibat rawan banjir. Sekedar diketahui, wacana tersebut udah lama disampaikan dan sekarang belum pernah terealisasi," ujarnya.

Pihaknya sudah sejak lama berharap agar jalan penghubung antar desa tersebut bisa benar-benar fungsional.

"Kami sebagai warga desa berharap pembangunan tidak hanya fokus di perkotaan sesuai visi dan misi presiden yaitu memfokuskan pembangunan dari desa ke kota," jelasnya. Nawan warga Desa Rungun mengatakan saat ini terdapat 3 titik yang tergenang banjir di desanya.

"Kondisi banjir tersebut juga membuat perjalanan pelajar ke sekolah terganggu. Tiga titik yang tergenang banjir yaitu sepanjang 50 meter, titik kedua 30 meter dengan kondisi agak dalam dan titik ketiga dengan panjang jakan yang terendam sekitr 10 meter," ujarmya. (WAHYU KRIDA/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru