Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Palangka Raya Diminta Hati-Hati Gigitan Hewan Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Juni 2022 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, Sumardi mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan kepada hewan penular rabies atau HPR seperti kucing, anjing, dan kera. Pasalnya DPKP baru menemukan kasus gigitan oleh anjing yang terdiagnosa mengidap rabies pada 21 Juni 2022.

"Baru saja kami mendapatkan laporan bahwa ada kasus gigitan anjing rabies di Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya kepada anak kecil. Makanya kami mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan," katanya, Kamis 23 Juni 2022.

Hal tersebut juga disampaikan Sumardi dalam pertemuan para vaksinator rabies di kantor DPKP Kota Palangka Raya siang tadi.

"Kita sudah menggiatkan vaksinator sejak awal tahun ini untuk memberikan vaksin rabies tetapi tetap saja dapat kecolongan dan ini bisa terjadi karena berbagai faktor," jelasnya.

Faktor pertama menurutnya bisa saja pemilik hewan tersebut tidak pernah memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya sehingga dapat tertular virus rabies. 

Faktor lainnya, kemungkinan hewan yang tertular rabies tersebut sudah pernah divaksin rabies namun tidak diulangi setiap tahun sehingga ketahanannya akan virus rabies telah menurun.

"Karena itu kami meminta kepada masyarakat untuk secara rutin memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya. Caranya bisa dengan membawa hewan peliharaannya ke kantor dinas karena di sini kita punya klinik hewan. Kalau hewannya tidak bisa dibawa kesini, hubungi kami atau vaksinator kami supaya kami yang datang memberikan vaksin rabies," tuturnya.

Dia meminta masyarakat tidak khawatir dalam meminta pelayanan vaksinasi rabies ini karena vaksin diberikan tanpa dipungut biaya apapun.

"Karena vaksinator kami sedikit, bisa saja ada yang terlewatkan oleh petugas dalam memberikan vaksinasi. Maka pemilik hewan peliharaan lah yang harus lebih aktif menghubungi kami untuk meminta vaksin rabies," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru