Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hewan Sembuh PMK Boleh Dikurbankan

  • Oleh Hendri
  • 24 Juni 2022 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya Renson, melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Sumardi, mengatakan hewan ternak yang telah sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK) halal untuk dikurbankan.

"Jika berdasarkan surat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang pelaksanaan kurban di masa pandemi PMK, hewan ternak yang telah dinyatakan sembuh dari PMK asal tidak cacat, tidak pincang, atau lain sebagainya masih boleh untuk dikurbankan," katanya, Kamis 23 Juni 2022.

Meski begitu terdapat perlakuan khusus bagi hewan ternak yang telah dinyatakan sembuh dari PMK. Daging pada bagian kaki, jeroan, dan kepala harus di rebus terlebih dahulu minimal selama 30 menit, sebelum kemudian didistribusikan kepada masyarakat.

"Masyarakat kami imbau untuk dapat berhati-hati dan jeli dalam memilih hewan ternak termasuk sapi. Sapi yang sudah kita periksa dan dinyatakan sehat akan kita beri label," ujarnya.

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, timnya akan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang akan dilakukan seminggu sebelum Iduladha 1443 Hijriah.

Terdeteksinya PMK di wilayah tidak terlalu berpengaruh terhadap ketersediaan hewan kurban. Menurutnya kebutuhan hewan ternak di kota setempat diperkirakan hanya 700 ekor sapi dan 200 ekor kambing saja.

"Untuk harga sapi dan kambing kurban juga memang mengalami kenaikan. Yang dulu harga sapi ternak mencapai Rp15-17 juta per ekornya, sekarang sudah Rp20 juta per ekornya. Naik antara Rp1-2 juta per ekornya," pungkasnya. (HENDRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru