Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perangkat Daerah Diminta Terus Gali Potensi untuk Tingkatkan PAD

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Juni 2022 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Nuyakin meminta kepada seluruh perangkat daerah di Kalteng supaya dapat terus menggali potensi daerah yang dimiliki untuk meningkatkan PAD.

Dia mengatakan, hal itu perlu dilakukan mengingat postur APBD Provinsi Kalteng saat ini masih tergolong kurang, sehingga diperlukan perhatian dari perangkat daerah untuk menggali potensi-potensi yang memang cukup besar.

"Dan dalam menggali potensi itu harus disesuaikan dengan Perda Kalteng nomor 4 tahun 2019 tentang retribusi jasa usaha. Ada beberapa komoditi unggulan di Kalteng yang dapat dimaksimalkan yaitu sektor pertambangan, perkebunan dan perkayuan," katanya, Kamis, 23 Juni 2022.

Selain itu, diharapkan juga perangkat daerah supaya dapat mencari celah agar perusahaan besar yang berinvestasi di Kalteng bisa memberikan kontribusi kepada daerah dan Pemprov Kalteng dalam rangka meningkatkan PAD untuk pembangunan.

Pasalnya, selama ini dengan sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan hal itu dimanfaatkan oleh investasi atau perusahaan, kontribusi untuk daerah masih sangat minim dari yang diharapkan. Sehingga, perlu adanya upaya-upaya stategis guna menggali potensi itu.

Di sisi lain, ia juga berharap perusahaan-perusahaan besar yang beroperasi di Kalteng ini supaya bisa memberikan kontribusinya kepada daerah dan masyarakat, sehingga akan berdampak pada peningkatan PAD dan juga pembangunan berkelanjutan.

"Intinya jangan sampai investor hanya meraup keuntungan saja, tapi juga harus dapat berkontribusi bagi daerah dan masyarakat. Semoga apa yang menjadi kewajiban bisa dijalankan sesuai aturan," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru