Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes Dinilai Miliki Peran Strategis Tingkatkan Perokonomian Masyarakat Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Juni 2022 - 20:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Nuyakin menilai keberadaan BUMDes memiliki peran strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"BUMDes bisa menjadi pilar kegiatan ekonomi desa, yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan juga komersial," tuturnya, Kamis, 23 Juni 2022.

Dia mengatakan, pada prinsipnya pendirian BUMDes yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, melalui pengelolaan potensi desa yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa itu sendiri.

Oleh karenanya, BUMDes harus bisa lebih aktif menggali potensi yang ada di desa serta dikelola dengan baik, sehingga hal itu dapat memberikan dampak bagi perekonomian dan juga bisa membuat desa menjadi mandiri.

Dirinya meyakini jika setiap potensi yang dimiliki desa dapat digali dengan maksimal dan dikelola, maka akan banyak dampak positif yang didapatkan untuk desa dan juga masyarakatnya.

"Jadi, BUMDes harus dioptimalkan untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat, apalagi ditengah pandemi saat ini, peran BUMDes sangat strategis untuk menumbuhkembangkan penguatan ekonomi desa," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru