Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dispora Pulang Pisau Seleksi Atlet Olahraga Tradisional

  • Oleh Asprianta
  • 24 Juni 2022 - 04:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) setempat menggelar seleksi Olahraga tradisional tingkat kabupaten tahun 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di halamam Stadion HM Sanusi itu di buka oleh Asisten 1 Setda Pulpis mewakili Bupati Pulpis Pudjirustaty Narang yang berhalangan hadir.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pulang Pisaudan juga pribadi, saya ingin mengucapkan selamat bertanding kepada adik-adik semuanya. semoga melalui momentum seleksi olahraga tradisional kabupaten pulang pisau tahun 2022 ini, selain dapat menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga kebudayaan kita , sekaligus juga dapat menjadikan pemicu sebagai sarana pembudayaan olahraga," ucap Asisten 1 Setda Pulpis itu.

Ia menjelaskan penyelanggaraan seleksi olahraga tradisional kabupaten pulang pisau tahun 2022 ini mengangkat tema mewujudkan insan muda yang berintegrasi dan berdaya saing guna melestarikan budaya serta tradisi melalui olahraga tradisional.

Tema itu dinilai tepat dan relevan, karena olahraga memiliki nilai-nilai perjuangan, sportivitas, cinta tanah air serta tidak mudah harus terus dilestarikan baik ditingkat kabupaten, srovinsi maupun nasional.

"Besar harapan kami melalui kegiatan ini lahir atlet-atlet berprestasi yang akan membawa nama harum kabupaten pulang pisau," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dispora Pulpis Sukarja melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Sumardianson mengungkapkan bahwa seleksi dilakukan dalam rangka menjaring atlet olahraga tradisional yang akan mewakili Pulang Pisau di tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan, seleksi itu diikuti sebanyak 70 peserta putra dan putri dengan batas usia 18 tahun ke bawah yanh bertujuan untuk melihat langsung kemampuan para atlet sebelum tampil diajang tersebut.

"Dalam seleksi ini diadakan pertandingan seperti olahraga tradisional sumpitan, egrang, dan bakiak. Dispora Pulang Pisau akan mengirimkan 6 atlet yang terpilih hasil seleksi untuk mewakili Provinsi Kalimantan Tengah. Sesuai permintaan dari pusat," ucapnya. 

Menurutnya, selain menyeleksi atlet, kegiatan itu juga bisa dijadikan ajang pembinaan terhadap para atlet muda sebelum berangkat ke Palembang. Persiapan ini merupakan awal yang baik, sehingga benar-benar bisa mendapatkan atlet yang siap bertanding.

"Kami berharap, atlet muda perwakilan dari Kabupaten Pulang Pisau bisa mempertahankan prestasi juara yang pernah diraih seperti pada tahun 2019," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru