Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Penjelasan Kenapa Kegiatan Popprov tidak Dianggarkan pada APBD Barito Timur 2022

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 25 Juni 2022 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atau Disbudparpora sekaligus Ketua Panitia Kontingen Popprov, Forty Rickyannou menjelaskan alasan tidak adanya anggaran untuk Popprov Kalteng 2022 pada APBD Barito Timur.

Penjelasan itu disampaikan Forty saat melaporkan kesiapan kontingen Barito Timur yang akan berlaga pada Popprov.

"Perlu kami laporkan bahwa kegiatan ini sebenarnya secara reguler belum ditetapkan pada saat kita melaksanakan pembahasan anggaran tahun 2022, Pemprov Kalimantan Tengah baru menyatakan pada bulan April 2022 bahwa Popprov akan dilaksanakan sehingga pemerintah daerah tidak menganggarkan dana khusus untuk ini," ujar Forty di hadapan Wakil Bupati Barito Timur dan Sekretaris Daerah sebelum pelepasan kontingen, Sabtu 25 Juni 2022.

Dia menjelaskan dana yang diberikan kepada kontingen saat ini adalah dana pembinaan untuk KONI dan bukan dana yang dialokasikan khusus untuk Popprov.

"Dana KONI sebenarnya untuk membantu pembinaan seluruh cabang olahraga yang ada di Barito Timur, namun karena ini mendadak sehingga dari pengurus KONI maupun pemerintah daerah khususnya bupati memberikan dukungan kepada kontingen melalui dana KONI," terangnya.

Demikian demikian sumber dana untuk kontingen Popprov berasal dari dana KONI Rp100 juta serta dukungan langsung dari pihak ketiga baik perusahaan maupun perorangan ke cabang olahraga dan dukungan dari pengurus cabang olahraga.

"Jadi di sini sinergitas dari pemerintah, dunia usaha dan masyarakat berperan besar untuk kontingen Popprov," ujarnya.

Jumlah kontingen dari setiap cabang olahraga termasuk atlet, pelatih, ofisial dan manajer yakni panjat tebing 11 orang, karate 9 orang, atletik 21 orang, basket 31 orang, sepak takraw 15 orang, sepak bola 25 orang, tenis lapangan 7 orang serta bulutangkis 9 orang plus panitia.

Kontingen direncanakan akan berangkat ke Palangka Raya, Minggu 26 Juni 2022 sekitar pukul 09.00 WIB, sedangkan Popprov akan berlangsung 27 Juni hingga 3 Juli 2022. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru