Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Herson B Aden: Perguruan Tinggi Berperan Strategis Siapkan SDM

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Juni 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden mengingatkan peran strategis perguruan tinggi dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Perguruan Tinggi di Kalteng, termasuk PTS, memiliki peran yang sangat strategis, untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi," kata Herson saat membacakan sambutan Wagub Kalteng, Edy Pratowo saat Raker ABP-PTSI Kalteng.

Melalui SDM berdaya saing akan mampu mengubah semua tantangan menjadi kesempatan, untuk memacu percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng.

“Kita tidak boleh hanya sekedar menjadi penonton, tetapi harus mampu menangkap berbagai peluang yang ada untuk kemajuan Kalteng," sebut dia.

Diakui Perguruan Tinggi Negeri pada umumnya, tidak mampu menerima semua lulusan SMA, SMK, atau Madrasah Aliyah, sehingga memerlukan partisipasi Perguruan Tinggi Swasta.

Selain itu, dilaporkan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada perguruan tinggi di Indonesia masih rendah, yaitu 31,19 persen, sesuai dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi tahun 2021 (berdasarkan data BPS). (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru