Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Peran Bersama Tingkatkan APK Perguruan Tinggi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Juni 2022 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden menyampaikan perlunya peran bersama untuk mendorong Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi.

"Untuk dapat mengejar ketertinggalan APK dan meningkatkan jumlah dan sekaligus kualitas perguruan tinggi di Kalteng, perlu peran serta semua stakeholders," kata Herson saat membacakan sambutan Wagub Kalteng, Edy Pratowo di Raker ABP-PTSI Kalteng.

Peran bersama tersebut dilakukan baik dari sisi pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi termasuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maupun dunia usaha.

Dilaporkan jumlah mahasiswa yang terdaftar pada perguruan tinggi di Indonesia masih rendah, yaitu 31,19 persen, sesuai dengan APK Perguruan Tinggi tahun 2021 (berdasarkan data BPS).

Persentase tersebut jauh tertinggal dari Korea Selatan sebesar 98 persen, Singapura sebesar 78 persen, dan Malaysia sebesar 50persen. Untuk APK Perguruan Tinggi di Kalteng sendiri saat ini masih lebih rendah dibanding APK Nasional.

Selain itu, PTS yang ada di Kalteng saat ini berjumlah 25 Perguruan Tinggi. Jumlah tersebut masih lebih kecil dibandingkan Kalsel yang berjumlah 45 PTS, Kaltim 48 PTS, dan Kalbar sebanyak 45 PTS. Ditambah lagi, PTS di Kalteng pun masih banyak yang belum memenuhi standar nasional pendidikan tinggi.

“Kondisi ini tentunya harus mendapatkan perhatian serius dari kita semua," ungkapnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru