Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terus Tingkatkan Rasio Desa Berlistrik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Juni 2022 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus berupaya mempercepat akses listrik di perdesaan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasio desa berlistrik dan rasio elektrivikasi.

 "Diperlukan upaya serius untuk dapat mengembangkan akses listrik ke desa-desa," ucap Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat dikonfirmasi pada Minggu, 26 Juni 2022.

 Sejumlah upaya, kata Bupati, sudah dilakukan oleh pihaknya, mulai dari MoU dengan pihak PT PLN hingga yang terbaru ini menyampaikan peta pengembangan kelistrikan ke Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

"Daerah perdesaan menjadi prioritas pengembangan jaringan kelistrikan, sehingga kedepan desa-desa yang ada di Lamandau dapat teraliri listrik," bebernya.

Diungkapkan Hendra, hal ini juga sesuai dengan pengembangan kelistrikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) pembangunan dibidang kelistrikan sangat vital.

Sejalan dengan program tersebut, baru-baru ini orang nomor satu di Kabupaten Lamandau itu, telah meneken kesepakatan percepatan pengembangan kelistrikan, usai mengikuti rapat koordinasi teknis pengembangan kelistrikan di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

"Rapat di Jakarta itu sejalan dengan apa yang selama ini kita upayakan, yakni pemenuhan kebutuhan listrik di perdesaan," pungkas Bupati. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru