Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenkes Terima Hibah 300 Unit Refrigerator Vaksin dari Jepang

  • Oleh ANTARA
  • 26 Juni 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan hibah logistik berupa 300 unit alat refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Saat berpidato dalam acara serah terima bantuan itu di JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad, ia mengatakan fasilitas logistik menjadi salah satu penentu kesuksesan Indonesia dalam program vaksinasi COVID-19 yang telah bergulir selama 17 bulan terakhir.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa Indonesia begitu sukses melaksanakan vaksinasi dalam 17 bulan mencapai 415 juta suntikan ke lebih dari 205 juta orang, Salah satunya adalah karena logistik," katanya.

Menurut dia ketersediaan logistik berupa fasilitas penyimpanan vaksin bersuhu dingin telah berkontribusi sebesar 15 persen untuk persiapan negara dalam memenangkan peperangan menghadapi pandemi.

Selama masa perang menghadapi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, kata Budi, sistem kesehatan di Indonesia telah diperkuat dengan pengadaan tempat penyimpanan vaksin rantai dingin berkisar minus 82 derajat Celcius yang ideal untuk negara tropis.

"Sehingga kami bisa melayani dan mendistribusikan vaksin ke 17.000 pulau dan 270 juta penduduk Indonesia," katanya.


Tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki Indonesia, di antaranya sebanyak 44 unit jenis ultra cold storage merupakan transaksi pembelian dari UNICEF melalui Fasilitas COVAX. Alat tersebut saat ini telah disebar ke 34 provinsi di Indonesia dan tersedia di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Dalam acara yang sama, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasuki Kenji memuji kepemimpinan Indonesia dalam Forum G20 bidang kesehatan. Pengadaan bantuan 300 unit alat refrigerator vaksin bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan ketahanan sistem kesehatan global.

"300 unit refrigerator vaksin telah terdistribusi sejak dua hari lalu. Dan lebih banyak lagi yang akan datang tahun ini untuk memastikan vaksinasi COVID-19 di seluruh negara berjalan dengan baik," katanya.

Ia mengatakan vaksin merupakan kunci utama bagi negara dalam menghadapi tantangan pandemi melalui strategi pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons.

"Jepang mengalokasikan hampir 7 juta dosis vaksin untuk Indonesia. Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki ketersediaan vaksin yang aman untuk penduduknya," katanya.

Agenda serah terima donasi refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang di JICT Tanjung Priok turut disaksikan oleh Deputy Representative Operations UNICEF Indonesia Ismail Kamil.

ANTARA

Berita Terbaru