Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

AKPSI Bersurat ke Presiden Jokowi Perjuangkan Harga TBS

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Jeritan masyarakat petani kelapa sawit tekait terus menurunnya harga tandan buah segar (TBS), di respon para pemimpin daerah yang tergabung dalam Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) dengan berkirim surat ke Presiden Jokowi. 

Ketua AKPSI, Yulhaidir menyampaikan pihaknya banyak menerima keluhan dari para petani kelapa sawit terkait penurunan harga tandan buah segar. 

"Hari ini kami bersurat secara langsung kepada bapak Presiden, untuk menyampaikan keluhan masyarakat petani kelapa sawit, " kata Yulhaidir, yang juga menjabat Bupati Seruyan, Senin, 27 Juni 2022.

Dalam surat itu, pihaknya bermohon agar tata niaga kelapa sawit dan turunannya bisa di benahi, dengan mempertimbangkan kepentingan Pemerintah, Investasi dan Rakyat khususnya petani sawit. 

"Kita mengharapkan harga TBS sawit bisa kembali ke harga normal berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp. 3.500 per kilo gram, " ungkapnya. 

Yulhaidir menuturkan, sebelumnya AKPSI telah bertemu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan hal hal penting terkait permasalahan kelapa sawit. 

"Beliau merespon apa yang menjadi keluhan kita, dan mengatakan bahwa kran ekspor produk turunan kelapa sawit atau CPO telah dibuka, termasuk juknis telah di keluarkan oleh pemerintah, " jelasnya. 

Yulhaidir menambahkan, sebagaimana harapan seluruh masyarakat dan petani kelapa sawit yang terus di perjuangkan oleh AKPSI, semoga harga minyak goreng dan harga TBS sawit bisa kembali normal. (FAHRUL/B-5) 

Berita Terbaru