Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

500 Sapi di Palangka Raya Akan Divaksin PMK

  • Oleh Hendri
  • 27 Juni 2022 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kota Palangka Raya akan menyuntikan vaksin untuk mencegah penyakit mulut dan kaku atau PMK terhadap 500 ekor sapi milik peternak lokal.

"Target kami sampai Rabu nanti harus selesai vaksinasi PMK terhadap 500 sapi milik para peternak," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, DKPP Palangka Raya, Sumardi, Senin 27 Juni 2022.

Vaksin ini diprioritaskan pada sapi yang tidak digunakan untuk kurban tahun ini. Sejak beberapa hari lalu penyuntikan telah dikakukan dan sedikitnya ada 191 sapi tuntas divaksinasi.

Dia menjelaskan, pada prinsipnya, vaksinasi PMK ini disuntikkan pada yang sehat. Jeda waktu penyuntikan pada setiap sapi yakni empat bulan dari sosis satu ke dosis dua. Kemudian enam bulan dari dosis kedua ke dosis ketiga.

"Suntikan vaksinasi untuk mencegah penyebaran PMK terhadap hewan yang dinyatakan dalam kondisi sehat. Jadi bukan pada hewan yang sakit," ungkapnya.

Untuk selanjutnya kata dia, pemerintah kota hanya bisa menunggu ketersedian vaksin yang diberikan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi. Jika vaksinnya diberikan maka penyuntikan bisa dilaksanakan lebih banyak lagi. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru