Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDN 14 Palangka Ditutup Sementara, Aktivitas Belajar Gabung Sekolah Lain

  • Oleh Hendri
  • 27 Juni 2022 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya memutuskan untuk menutup atau menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di gedung SDN 14 Palangka yang berada di Jalan Mendawai.

Penutupan sekolah ini karena gedungnya ambruk, sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Sebagai solusi jangka pendek, aktivitas belajar para murid digabung ke sekolah lain, yakni di SDN 1 dan SDN 6 di Jalan Tjilik Riwut.

"Ini sudah dimulai pendaftarannya, meski digabung ke sekolah lain tapi nama sekolah sampai guru dan kepala sekolahnya tetap sama. Hanya gedungnya saja yang berpindah," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya, Jayani, Senin, 27 Juni 2022.

Dia menjelaskan, sebelum mengambil keputusan itu pihaknya bersama Inspektorat dan tim Ahli Universitas Palangka Raya (UPR) telah melakukan kajian terhadap struktur bangunan maupun tanah tempat berdirinya sekolah tersebut.

Berdasarkan hasil uji tanah (sondir) dari tim peneliti UPR, ditemukan bahwa kondisi tanah lempung di bawah bangunan SDN 14 Palangka sudah sangat tidak layak dan tidak memenuhi syarat untuk berdirinya bangunan.

Bahkan, bangunan berupa rumah dan jalan di sekitarnya, sudah mulai ada yang turun. Sehingga apabila sekolah hanya direnovasi saja dan tetap dipakai untuk kegiatan sekolah, maka bangunan akan kembali ambruk dan sangat berbahaya bagi siswa dan guru.

"Daya dukung tanah di bawah bangunan SDN 14 Palangka sudah tidak memadai. Bahaya kalau masih ada aktivitas di sekolah itu. Makanya kami berinisiatif untuk mengambil langkah jangka pendek dengan merelokasi sekolah," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru