Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDN 14 Palangka Akan Dibangun Gedung Baru

  • Oleh Hendri
  • 27 Juni 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ambruknya Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 di Jalan Mendawai pada Januari lalu menyisakan berbagai persoalan. Saat ini, siswa harus pindah belajar ke sekolah lain karena gedung yang lama tidak bisa digunakan lagi.

Mengatasi persoalan ini, pemerintah setempat punya solusi jangka pendek dan jangka panjang. Solusi cepatnya yakni memindahkan aktivitas belajar siswa ke SDN 1 dan SDN 6 di Jalan Tjilik Riwut yang lokasi tidak jauh dari sekolah lama.

Sementara untuk solusi jangka panjangnya pemerintah berencana membangun gedung baru yang lokasinya diharapkan tidak jauh dari sekolah lama. Hal ini diupayakan agar peserta didik dan orang tua murid tidak terbebani jika sekolahnya jauh dari rumah.

"Rencana jangka panjangnya memang akan dibangun gedung baru, saat ini kita carikan lokasinya yang tanahnya tidak akan ambruk," kata Plt Kadisdik Palangka Raya, Jayani, Senin, 27 Juni 2022.

Terkait gedung lama kata Jayani, pihaknya bersama Inspektorat dan tim Ahli Universitas Palangka Raya (UPR) telah melakukan kajian terhadap struktur bangunan maupun tanah tempat berdirinya sekolah tersebut.

Berdasarkan hasil uji tanah (sondir) dari tim peneliti UPR ditemukan bahwa kondisi tanah lempung di bawah bangunan SDN 14 Palangka sudah sangat tidak layak dan tidak memenuhi syarat untuk berdirinya bangunan.

"Sementara murid dari SDN 14 belajar di SDN 1 atau di SDN 6. Kedua sekolah tujuan relokasi ini siswanya tidak terlalu banyak juga sehingga masih memungkin untuk digabung. Kalau pun penuh, nanti dibagi saja waktu belajarnya ada yang masuk siang," jelasnya.

Keputusan memindah siswa menumpang belajar itu sudah mendapat persetujuan orang tua/wali murid. Meski digabung ke sekolah lain tapi nama sekolah sampai guru dan kepala sekolahnya tetap sama. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru