Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pembangunan Industri Pengolah Sarang Burung Walet di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Juni 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon mendorong pemda agar dapat bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun industri pengolah sarang burung walet di Kalteng.

Menurut Lohing, usaha sarang burung walet merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Bahkan, di Kalteng sendiri usaha ini sudah menjadi primadona bagi kalangan masyarakat. Hal itu terlihat ada begitu banyak gedung sarang walet yang berdiri di wilayah Kalteng.

"Sarang burung walet ini harus dapat dimanfaatkan oleh daerah kita sendiri, karena jika dijual menjadi produk jadi yang bahan bakunya dari sarang walet maka harganya pasti akan lebih mahal," ucapnya, Senin, 27 Juni 2022.

Lohing mengungkapkan, Provinsi Kalteng merupakan salah satu daerah penghasil sarang burung walet terbesar di Indonesia. Hanya saja, dari segi harga masih bisa dipermainkan oleh pengepul dari luar wilayah Kalteng, sehingga hal itu tentu sangat merugikan.

Oleh karena itu, apabila di Kalteng sendiri memiliki industri pengolah sarang burung walet ini, maka diharapkan dari segi harga bisa terkendali dan lebih menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki usaha tersebut.

Selain itu, dengan adanya industri pengolah tersebut juga tentunya akan dapat membuka lapangan usaha, kerja, dan yang paling penting yakni untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak usaha sarang burung walet ini.

"Karena kita melihat animo masyarakat membangun sarang burung walet di Kalteng ini cukup tinggi, sebab hasilnya menjanjikan. Peluang inilah yang harus dapat menjadi perhatian pemerintah," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru