Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusda Diharapkan Gali Potensi Peluang Usaha Menjanjikan

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Juni 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering berharap kepada Perusahaan Daerah (Perusda) yang ada di Kalteng agar dapat menggali peluang usaha yang menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Perusda harus jeli melihat beragam peluang usaha yang mampu meningkatakan PAD. Saya rasa banyak peluang yang bisa digali dan tentunya menjanjikan, tinggal bagaimana mengembangkannya saja," kata dia, Senin, 27 Juni 2022.

Disebutkannya bahwa, potensi usaha yang bisa dijadikan refrensi oleh Peruda Kalteng ada begitu banyak dalam rangka mengoptimalisasi atau meningkatkan PAD dari usaha yang akan dikembangkan. Sehingga, hal itu harus dapat diimplementasikan.

"Tinggal bagaimana proses memanajemen sistem pengelolaanya saja, sehingga mampu memberikan pemasukan bagi daerah. Intinya harus jeli melihat peluang itu," jelasnya.

Selain itu, di dalam menjalankan sebuah usaha, Perusda juga harus memiliki tata kelola yang baik serta memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dengan demikian, usaha yang dikembangkan akan berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi daerah.


"Jadi sebelum menjalankan atau mengembangkan sebuah usaha, Perusda harus dapat mempertimbangkan bagaimana dari segi pengelolaannya dan menyediakan SDM yang mumpuni, sehingga kedepan usaha itu dapat maju dan berkembang," tuturnya.

Dia mengatakan, maksud dan tujuan awal Perusda didirikan yaitu agar dapat menjadi bagian dari badan usaha milik daerah (BUMD) yang diharapkan mampu menghasilkan pendapatan bagi daerah.

"Maka dari itu, Perusda harus mampu menopang dan berkontribusi dalam rangka meningkatakan PAD, agar pembangunan bisa terus berjalan khususnya di Kalteng. Kita juga berharap, semoga Perusda yang ada di provinsi ini bisa terus bangkit dengan melandainya pandemi Covid-19 saat ini," tutupnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru