Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resahkan Warga, Pembuang 8 Karung Bulu dan Bangkai Ayam Diminta Langsung Buang ke TPA

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Juni 2022 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bau yang menyengat dari sampah limbah ayam yakni bangkai dan bulu ayam, meresahkan sejumlah warga di Jalan A Yani, RT 28 Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Untuk itu warga meminta kesadaran dari si pembuang sampah agar langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bukan di tempat pembuangan sementara (TPS).

Aksi pembuangan limbah sebanyak 8 karuang bulu dan bangkai ayam di TPS di belakang Kantor KUA lama Pelingkau yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab dengan menggunakan Pick Up tersebut, terekam kamera CCTV, Minggu, 26 Juni 2022.

Disampaikan oleh warga bernama Nabilah bahwa jelas di TPS tersebut bertuliskan dan diberikan pengumuma, bahwa kendaraan roda 3 dan 4 tidak boleh membuang sampah di TPS, melainkan harus langsung dibuang ke TPA Translik.

"Baunya sangat menyengat dan meresahkan warga sekitar. Karena itu bangkai ayam dan limbah ayam lainnya. Padahal jelas, truk roda empat harus buang sampah ke TPA Pasir Panjang. Kami harap orang yang buang sampah itu bertanggung jawab dengan tidak menguranginya lagi," ungkapnya.

Sementara itu Kasatpol PP dan Damkar Kobar Majerum Purni melalui Kasi Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Selamat Riyanto menanggapi hal tersebut. Ia mengatakan pihaknya baru mendapatkan informasi dari warga.

"Kami baru dapat informasinya, dan yang pasti kami akan bergerak cepat melakukan penindakan," jelasnya.

Dari rekaman CCTV itu, tampak jelas aksi pembuang limbah ayam menggunakan mobil pick up, membuangnya ke TPS. Sehingga, pihak Satpol PP akan mengecek nomor kendaraannya.

"Akan kita lihat plat nomor kendaraan tersebut, dan kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar, termasuk juga kepolisian untuk melihat kepastian pick up tersebut," tuturnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru