Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Saksikan Balap Perahu dan Lomba Kelotok Hias, ini Kata Bupati Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 28 Juni 2022 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daeerah serta warga Barito Utara menyaksikan balap perahu dan lomba klotok hias, di DAS Barito, Senin 27 Juni 2022.

Lomba Kelotok Hias dan Balap Kelotok Ces menjadi salah satu kegiatan menarik dalam rangkaian meyambut Hari Jadi ke 72 Kabuaten Barito Utara tahun 2022, dimana selama dua tahun kegiatan ini tidak dilaksanakan dikarenakan pandemi COVID-19. 

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan pihaknya meyambut baik antusias warga selama rangkaian pergelaran lomba meyambut Hari Jadi ke 72 Kabupaten Barito Utara yang jatuh pada tanggal 29 Juni.

“Hal ini terlihat dari jumlah peserta dan banyaknya pengunjung yang hadir untuk meyaksikan lomba tersebut. Kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi serta berdampak positif sebagai wadah pemilik antar sesama alat tranportasi kelotok tradisional di bantaran sungai DAS Barito dan juga untuk melestarikan budaya daerah sekaligus wadah edukasi bagi generasi muda agar lebih mengenal tranportasi air tradisional serta sejarah didaerahnya,” kata Nadalsyah.

Adapun lomba Balap Kelotok Ces dan Lomba Kelotok Hias digelar di sungai Barito sepanjang satu kilometer sedangkan para penonton menyaksikan di Water Front City (WFC) diatas Jembatan Pangulu Iban serta di atas rumah lanting baik dari Kelurahan Melayu, Jingah maupun dari Kelurahan Jambu. 

Sejumlah peserta yang bertanding tampak begitu semangat mengikuti lomba tersebut,tepuk tangan penonton pun seolah membakar jiwa peserta untuk menjadi juara.

Antusias penonton luar biasa banyak sejak pukul 12.00 WIB siang areal Water Front City (WFC) sudah ramai dikunjungi warga, kegiatan ini pun menjadi berkah besar bagi para pedagang yang berjualan disekitar areal tempat lomba, semua laris manis,terbukti dengan ulang tahun Kabupaten Barito Utara yang ke-72 memberi dampak positif bagi perekonomian warga sekitar. 

Sebanyak kurang lebih 12 kelotok atau perahu bermesin yang udah dihiasi berbagai dekorasi unik meluncur dari Sei Wayang Kelurahan Jingah sampai Finish di Jembatan Pangulu Iban. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru