Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Gencarkan Sosialisasi Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi

  • Oleh Hendri
  • 28 Juni 2022 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I Komisi A DPRD Palangka Raya, Mukarramah meminta pemerintah melakukan sosialisasi secara masif pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Apalagi, pembeli minyak goreng curah di pasar maupun warung kebanyakan adalah kalangan yang sehari-harinya tidak terbiasa menggunakan teknologi informasi," katanya, Selasa 28 Juni 2022.

Sosialisasi pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) menggunakan PeduliLindungi harus dilakukan secara gencar. Terutama karena mayoritas pembeli minyak goreng subsidi datang dari masyarakat kelas bawah, yang belum tentu memiliki Smartphone.

Sosialisasi pembelian minyak goreng curah seharga Rp14.000/liter atau Rp15.500/kilogram dilakukan hingga 2 pekan ke depan. Dia menilai, sosialisasi harus dilakukan serentak hingga wilayah pinggiran.

"Jangan sampai kebijakan menyulitkan masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki smartphone untuk mengakses aplikasi PeduliLindungi,” ucap politisi Nasdem itu.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi dimaksudkan agar pemerintah dapat mengecek distribusi minyak goreng secara real time sebagai antisipasi penyelewengan yang menyebabkan kelangkaan.

Meski begitu, ia menilai sosialisasi tidak bisa hanya sekadar mengandalkan teknologi informasi saja. Harus ada pendekatan langsung ke masyarakat, ke pedagang, agar mereka benar-benar memahami transisi sistem pembelian minyak goreng. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru