Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebutuhan Air Bersih Warga Melebihi Kapasitas Produksi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 28 Juni 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dari tahun ke tahun, jumlah pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Lamandau terus mengalami peningkatan.

Hingga tahun 2022 ini, antrean daftar tunggu pelanggan lebih dari 3.094 Sambungan Rumah (SR). Antrian tersebut membuktikan kebutuhan air masyarakat telah melebihi kapasitas produksi 

"Diperlukan pembangunan unit produksi baru atau instalasi pengolahan air (IPA)," ungkap Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat bertemu Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Teguh Setyabudi di Jakarta, Selasa 28 Juni 2022.

Hendra juga menyampaikan, perlunya pembangunan jaringan pipa PDAM baru untuk dapat meningkatkan jangkauan ke arah Kecamatan Sematu Jaya dan beberapa wilayah kecamatan lain di Kabupaten Lamandau.

"Sehingga kebutuhan air masyarakat dapat tercover secara maksimal," harap dia.

Terpisah, Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Lamandau Zulkarnain mengungkapkan, tak semua pelanggan baru yang ingin berlangganan dengan PDAM dilayani dengan cepat. 

Hal itu, terang dia, dikarenakan masih ada beberapa wilayah yang belum tersentuh jaringan atau instalasi PDAM sehingga membuat daftar tunggu mencapai ribuan SR.

Berkembangnya kawasan perumahan baru di Kota Nanga Bulik, kata dia, juga menjadi tantangan bagi PDAM Tirta Dharma Kabupaten Lamandau untuk memperluas jaringan PDAM. 

"Bukan tidak terlayani, daftar tunggu pelanggan ini paling banyak di titik lokasi kawasan perumahan baru. Sehingga, calon pelanggan baru dapat dilayani setelah jaringan PDAM diperluas," pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru