Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

95 Persen Hewan Positif PMK di Kelurahan Menteng Dinyatakan Sembuh

  • Oleh Hendri
  • 28 Juni 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hewan milik peternak di Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya yang sebelumnya dinyatakan positif penyakit mulut dan kuku atau PMK kini mulai sembuh. Setelah melewati 3 tahapan pengobatan kesembuhannya pun mencapai 95 persen.

"Kalau yang di Kelurahan Menteng 95 persen sudah sembuh. Waktu itu 19 ekor positif PMK dari total populasi 60 ekor dan hampir tertular semua," kata Kepala Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono, Selasa, 28 Juni 2022.

Sementara itu, 23 ekor hewan yang terjangkit PMK di Kelurahan Panarung masih dalam tahapan pengobatan pertama. Tim kesehatan masih melanjutkan pengobatan sampai kondisi hewan dinyatakan sehat.

Sebagai informasi, saat ini, Kota Palangka Raya menerima 500 dosis vaksin untuk mencegah PMK. Vaksin ini diprioritaskan pada hewan yang tidak digunakan untuk kurban tahun ini. Sejak beberapa hari lalu, penyuntikan telah dikakukan dan sedikitnya ada 191 sapi tuntas divaksinasi.

Pada prinsipnya, vaksinasi PMK ini disuntikkan pada yang sehat. Jeda waktu penyuntikan pada setiap sapi yakni empat bulan dari sosis satu ke dosis dua. Kemudian enam bulan dari dosis kedua ke dosis ketiga.

"Suntikan vaksinasi untuk mencegah penyebaran PMK terhadap hewan yang dinyatakan dalam kondisi sehat. Jadi bukan pada hewan yang sakit," ungkapnya.

Untuk selanjutnya, tim Puskeswan hanya bisa menunggu ketersedian vaksin yang diberikan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi. Jika vaksinnya diberikan maka penyuntikan bisa dilaksanakan lebih banyak lagi. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru