Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP PKK Kapuas: Cegah Stunting Lewat Berbagai Aspek

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Juni 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat menyebut, upaya pencegahan stunting dapat dilakukan melalui berbagai aspek.

Salah satunya, mengajak para orang tua di wilayah Kabupaten Kapuas untuk memperhatikan asupan gizi anaknya sebagai langkah dalam mencegah stunting.

“Mencegah stunting harus dilakukan sejak 1000 hari pertama kehidupan anak. Itu artinya, para orang tua sudah harus memperhatikan cukupan gizi sejak awal kehamilan,” katanya, Selasa, 28 Juni 2022.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat bersama pihak terkait agar bersama-sama menggelorakan PAUD holistik integratif. PAUD tersebut merupakan penanganan anak usia dini secara menyeluruh, mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan.

“Itu berguna untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak, dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah dan pusat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bunda PAUD Kabupaten Kapuas itu juga mengajak jajaran pemerintah setempat untuk terus mengaktifkan posyandu-posyandu yang tersebar di wilayah kabupaten tersebut. 

“Posyandu memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran masyarakat untuk peningkatan kualitas kesehatan. Selain itu, keberadaan posyandu dapat mendorong para orang tua agar lebih peduli membawa anaknya untuk memperoleh imunisasi ataupun memeriksakan kesehatan tumbuh kembang anak balitanya,” paparnya.

Sebagai upaya mendukung suksesnya berbagai hal tersebut, Ary Egahni meminta seluruh perangkat daerah agar selalu berkoordinasi antarsesama dan membangun komunikasi yang baik di setiap jajarannya dengan saling mendukung satu sama lain. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru