Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Kalamus Bangun Baru 2 Rumah Warga Tidak Layak Huni

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Juni 2022 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemdes Kalamus Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur membangun baru 2 unit rumah warga di RT 01 yang tidak layak huni melalui kegiatan bedah rumah untuk rumah tangga miskin atau RTM.

"Warga yang dibantu memang dalam kondisi ekonomi di bawah rata-rata warga desa sini, janda dan memiliki anak berkebutuhan khusus," ungkap Kades Kalamus, Kawak, Selasa, 28 Juni 2022.

Sumber dana untuk pembangunan 2 unit rumah tersebut berasal dari Dana Desa (DD) tahap II tahun 2022 dengan besar anggaran untuk masing-masing rumah Rp15 juta.

"Hari ini kami mulai bangun yang satu dulu, setelah selesai baru dilanjutkan yang satu lagi," jelas Kawak.

Dia berharap dengan kegiatan bedah rumah tersebut dapat membantu meringankan beban warga sekaligus memberikan hunian yang lebih layak.

Kasi Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat Desa Kalamus, Elpina Hartati menambahkan, anggaran sebesar Rp15 juta per unit rumah semuanya digunakan untuk membeli bahan bangunan sedangkan tenaga kerja berasal dari warga yang membantu secara sukarela.

"Sistem kerjanya gotong-royong bersama pemdes, BPD, keluarga penerima bantuan dan warga sekitar," ujarnya.

Adapun kontruksi bangunan tersebut, lanjut Elpina, berbentuk rumah panggung dengan lantai papan, atap seng multiroof dan dinding berbahan kalsiboard. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru