Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kotim Sosialisasi Tahapan Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Juni 2022 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar sosialisasi tahapan pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat terhadap perwakilan dari sejumlah kecamatan, damang kepala adat, dan pihak terkait lainnya. 

Kegiatan ini digelar sebagai langkah dari pemerintah agar masyarakat memiliki kepastian hukum, regulasi, dan hal lainnga dalam pengelolaan lahan dan pelestarian hutan di wilayah mereka.

"Kegiatan ini salah satu tahapan kehadiran pemerintah daerah dalam mengakui hukum adat. Sehingga dapat melindungi masyarakat tradisional di daerah ini," ujar Wakil Bupati Kotim Irawati, saat membuka kegiatan, Selasa, 28 Juni 2022. 

Dia meminta agar seluruh kecamatan bisa menindaklanjuti sosialisasi yang didapat hari ini, karena sangat penting dalam menjaga kelestarian adat istiadat dan juga kawasan hutan atau milik masyarakat, terutama dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Kepala DLH Kotim Machmoer mengatakan sosialisasi ini sebagai langkah dengan tujuan akhir ada peraturan daerah (Perda) atau peraturan bupati yang lahir nantinya, karena tujuan dari kegiatan ini adalah menjaga kearifan lokal, melestarikan budaya, dan menjaga kawasan hutan.

"Langkah ini juga sudah kami sampaikan kepada pihak kementrian, dan kita langsung didukung oleh Kementrian LHK, karena dampaknya sangat besar bagi masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan di Kotim memiliki banyak cagar budaya, baik itu betang tumbang gagu, sandung, dan kegiatan budaya lainnya seperti tiwah dan simah laut. 

Selain itu tujuan lainnya juga sebagai menjaga agar tanah adat yang menjadi hak masyarakat tidak lagi masuk kawasan hutan, sehingga bisa dikelola dengan baik, dan memiliki kepastian hukum berupa sertifikat nantinya. 

"Saya harap kerja samanya semua pihak agar apa yang disosialisasikan hari ini bisa terealisasi nantinya," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru