Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan MB Ketapang Wacanakan Hukum Adat Bagi Pembuang Sampah Bandel

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 29 Juni 2022 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Camat Mentawa Baru Ketapang, Eddy Hidayat Setiadi mewacanakan sanksi atau hukum adat bagi pembuang sampah yang kerap menuai permasalahan di wilayah itu. 

"Ke depan akan kami rapatkan. Kami juga akan melibatkan damang dan mantir adat. Nanti akan kami beri sanksi adat oknum yang bandel," tegas Eddy, Rabu, 29 Juni 2022. 

Menurutnya hal ini terpaksa dilakukan karena tidak ada iktikad baik dari para pembuang sampah, meski sudah sering diingatkan. 

"Semoga dengan adanya sanksi adat masyarakat akan takut membuang sampah sembarangan lagi. Nanti kami rumuskan bersama damang dan mantir adat," ujarnya. 

Berbagai upaya komunikasi telah dilakukan kepada masyarakat baik melalui media, maupun secara langsung. Namun hal ini tak mampu mengubah kebiasaan buruk masyarakat, membuang sampah sembarangan. 

Menurut Eddy, permasalahan tumpukan sampah liar kerap terjadi di wilayah yang bermunculan perumahan baru. Sebab itu pihaknya sering mensosialisasikan agar tak membuang sampah sembarangan. 

"Kami bahkan membawa petugasnya langsung agar warga perumahan mau berlangganan. Sehingga sampah rumah tangga yang dihasilkan tidak dibuang sembarangan," katanya. 

Untuk diketahui baru-baru ini masalah sampah menimbulkan kegaduhan di Jala Pelita Barat, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Karena ulah oknum masyarakat membuang sampah di sekitar rumahnya, hingga ia mengamuk dan menghamburkan sampah ke jalan raya. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru