Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Kalamus Bagikan Material MCK untuk Hilangkan Kebiasaan Buang Besar Sembarangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Juni 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Kalamus di Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur membagikan material pembuatan fasilitas mandi, cuci, kakus atau MCK kepada warga miskin yang belum memiliki fasilitas tersebut.

"Paket material yang kami bagikan untuk pembuatan MCK berupa kloset pasir, semen, dan gorong-gorong," ungkap Kades Kalamus, Kawak, Rabu, 29 Juni 2022.

Dia berharap dengan pembagian material pembuatan MCK itu, Desa Kalamus menjadi desa yang bersih dan bebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

"Dengan pembagian bantuan material ini berarti mulai tahun ini tidak ada lagi warga Kalamus yang tidak memiliki MCK atau kakus," jelas Kawak.

Kasi Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat Desa Kalamus Elpina Hartati menambahkan, pada tahun 2020 Pemdes Kalamus menyerahkan bantuan material pembuatan MCK kepada 57 rumah tangga miskin, kemudian pada tahun 2021 kepada 20 rumah tangga miskin.

"Kalau yang tahun ini hanya 10 rumah tangga miskin yang tersisa saja yakni di RT 01, RT 02, RT 05 dan RT 07," paparnya.

Elpina menjelaskan, anggaran untuk pengadaan material pembuatan MCK tersebut pihaknya menggunakan Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2022.

"Total anggar untuk belanja material dan upah distribusi sampai ke RT 05 Dusun Tange Landa Rp27,5 juta lebih," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru