Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PMI Sukamara Harapkan Bisa Miliki Bank Darah

  • Oleh Norhasanah
  • 29 Juni 2022 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukamara harapkan bisa memiliki bank darah, sehingga setiap ada masyarakat mauoun pasien yang membutuhkan darah maka ketersediaan stok darah selalu ada.

"Yang menjadi PR, keinginan dan harapan saya selaku ketua PMI Sukamara, kita ingin memiliki bank darah," kata Ketua Pengurus PMI Kabupaten Sukamara, Rendi Lesmana, Rabu, 29 Juni 2022.

"Paling tidak kita memiliki markas yang representatif. Kalau selama inikan numpang, jadi itu juga menjadi harapan kami, dan isnya allah kita akan bicarakan dengan pemerintah daerah dalam hal ini tim anggaran, kita berupaya melaksanakan rencana itu," tambahnya.

Menurutnya karena tidak memiliki bank darah pihaknya tidak bisa melakukan stok darah, sehingga pihaknya hanya bisa menyediakan sesuai kebutuhan saja.

"Karena tidak ada bank darah kita tidak bisa menyimpan lama. Setiap kita melaksanakan kegiatan donor darah biasanya 20 sampai 30 orang itu bertahan satu minggu saja. Jadi kita juga tidak berani terlalu banyak melaksanakan kegiatan donor darah selama ini," ujarnya.

Untuk membantu pasien yang membutuhkan darah, pihaknya memiliki beberapa jalur agar bisa mendapatkan pendonor salah satunya melalui media sosial yang selama ini terbukti efektif.

"Jadi selama ini ada beberapa jalur yang sudah kita lakukan, melalui jalur rumah sakit juga ada, melalui PMI maupun komunitas-komunitas lainnya yang terbukti efektuf dan cepat merespon kalau kita membutuhkan darah untuk keperluan pasien," jelasnya. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru