Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembuang Sampah di Sampit Mengaku Sempat Mendapat Penolakan dari Depo

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 29 Juni 2022 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah pembuang sampah di Jalan Pelita Barat, mengaku sempat ditolak oleh depo sampah. Sebab itu mereka terpaksa membuang di kawasan Pelita Barat tersebut. 

"Kami dilarang buang sampah di depo, lalu bagaimana lagi. Terpaksa buang di sini (Pelita Barat) lokasi yang terdekat," ungkap salah seorang warga yang kepergok membuang sampah di Pelita Barat.

Dia mengaku sempat kesal lantaran ditolak. Apalagi dia sudah jauh-jauh dari Jalan H Imran.  Dia ditolak lantaran membuang sampah seperti bekas sisa bahan bangunan dan ranting pohon. "Padahal sudah saya masukan dalam karung," ucapnya. 

Dikonfirmasi terkait ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Machmoer yang saat itu didampingi oleh pengelola depo sampah membantah hal itu. Namun ia lanjut menegaskan bahwa pihak depo tak boleh menolak sampah apapun dari masyarakat. 

"Sebenarnya kita tidak kekurangan tempat. Tapi kesadaran dan kemauan masyarakat. Mereka ingin mudah. Kalau ingin membuang ke depo kan harus masuk ke dalam, kalau di sini asal lempar," ujar Machmoer yang juga mendampingi Wakil Bupati Kotim, Irawati saat meninjau pembersihan sampah di Jalan Pelita Barat. 

Sementara itu, Irawati mengimbau masyarakat dan oknum yang membuang sampah sembarangan agar tidak mengulangi perbuatannya. Sebab tidak mungkin petugas membersihkan kawasan itu terus menerus. 

"Depo sampah hanya berjarak 2 kilo meter dari sini dan itu tidak dipungut biaya. Kebersihan kota kita harus dijaga," imbaunya. 

Diberikan sebelumnya dua orang warga di Jalan Pelita Barat, yakni Pating dan Iwung mengamuk menghamburkan sampah ke jalan raya. Sebab aroma sampah tersebut sudah mencemari tempat tinggal mereka. Aksi dua warga yang emosi ini ditanggapi oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan langsung membersihkan sampah dengan alat berat. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru