Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Harap Barito Utara bisa Menjadi Penyangga IKN Nusantara

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Juni 2022 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Nuryakin berharap Barito Utara bisa menjadi salah satu kabupaten penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.

Harapan itu disampaikan saat dirinya usai menghadiri upacara peringatan hari jadi Kabupaten Barito Utara yang ke-72 tahun, Rabu, 29 Juni 2022.

"Jadi kabupaten ini harus berbenah mempersiapkan infrastruktur, sumber daya manusia, dan lain sebagainya sehingga bisa hal itu dapat terwujud kedepan," ucap Nuryakin.

Menurutnya, bukan hal mustahil Kabupaten Barito Utara bisa menjadi salah satu daerah penyangga IKN, mengingat pembangunan di wilayah tersebut cukup mengalami kemajuan.

Berdasarkan paparan Bupati Barito Utara, Nadalsyah pada amanat yang disampaikan saat peringan hari jadi yang ke-72 tahun tersebut beberapa capaian pembangunan telah diraih dan berjalan dengan baik selama ini.

Seperti pada sektor kelistrikan, kurang lebih 77,66 persen dari wilayah Kabupaten Barito Utara telah teraliri listrik PLN, yaitu sebanyak 80 dari total 103 desa atau kelurahan.

Kemudian, di sektor infrastruktur yakni selesainya pembangunan Bandara H Muhammad Sidik Muara Teweh pada tahun 2021, yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Maruf Amin .

Selanjutnya, pembangunan jembatan Penyeberangan Pangulu Iban yang baru diresmikan beberapa waktu yang lalu. Serta pembangunan Gedung Rumah Sakit Wing C dan Ruang Terbuka Hijau RSUD Muara Teweh telah selesai 100 persen dan untuk Bangunan Wing B masih sekitar 70 persen.

"Apa yang dilakukan oleh Pemkab Barito Utara tersebut maka ada harapan daerah ini bisa menjadi penyangga IKN. Dan waktu juga masih panjang untuk berbenah dan menggencarkan pembangunan, semoga saja keinginan itu bisa tercapai kedepan," tutupnya. (DONNY-11)

Berita Terbaru