Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Juni 2022 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sehagai bentuk tahapan Pemilu 2024 mendatang saat ini KPU Kotawaringin Barat (Kobar) terus melakukan berbagai persiapan diantaranya adalah rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih.

Ketua KPU Kobar Chaidir, Kamis, 30 Juni 2022 di Aula Kantor Kecamatan Arut Selatan seusai digelarbya rakor menjelaskan karena berdasarkan PKPU 6 tahun 2021 dan surat dinas KPU nomor 30 tahun 2021 bahwa pihaknya melakukan wajib melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder dan berbagai pihak-pihak guna untuk pemutakhiran data.

"Data pemilih yang kita tampilkan itu adalah data yang sudah hasil padanan dari data yang berasal dari Disdukcapil Kobar. Selain itu data pemilih ini juga kami padankan dengan data yang didapatkan dari terjun langsung ke lapangan hingga tingkat desa/kelurahan, agar bisa dipastikan bahwa data tersebut valid," jelasnya.

Chaidir menjelaskan kegiatan pemutakhiran data merupakan kegiatan rutin dari kami. "Pemutakhiran data tersebut sebenarnya sudah dilakukan sekitar tahun 2021 lalu dan data ini merupakan data rutin betkelanjutan yang setiap bulan di-update dan tiap 3 bulan sekali dilakukan rapat koordinasi saat ini berdasarkan data yang sudah kami dapatkan jumlah pemilih di Kobar sebanyak 176.649 orang," jelasnya.

Walau nantinya data tersebut kembali diperbaharui lagi bila sudah masuk tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemiih.

Kemudian untuk data pemilih ganda, pemilih yang telah meninggal dan yang sedang berada di pesantren lantaran keterbatasan anggaran, pihaknya hanya melakukan pengambilan sampel.

"Dari sampel yang ada diperoleh data sekitar 10.719 orang pemilih ganda. Sampel tersebut merupakan 1 persen dari jumlah pemilih," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru