Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kotim Deteksi Dini Banjir di Desa Tumbang Mujam

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 01 Juli 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur berupaya mendeteksi lebih dini banjir. Salah satunya dengan memasang patok pencegahan dini. 

"Kami terus pantau, ketinggian air. Termasuk di desa-desa lain di Kecamatan Tualan Hulu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim, Rihel, Jumat, 1 Juli 2021. 

Pemasangan patok peringatan dini tersebut dilakukan pada, Kamis, 30 Juni 2022. Patok tersebut dimaksud untuk mengetahui, perkembangan ketinggian air sebelum banjir. 

"Nah pada 1 Juli, banjir sudah terjadi," ungkap Sekretaris Desa Tumbang Mujam. 

Banjir kini melanda Desa Tumbang Mujam. Ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Meski belum ada yang masuk rumah, banjir sudah merendam hampir seluruh jalan di desa itu. 

"Dikhawatirkan bila hujan terus terjadi debit air kembali meningkat," katanya. 

Sebab itu, warga desa tersebut saat ini masih siaga. Sementara itu aktivitas mereka pun saat ini cukup terhambat dengan terendamnya jalan.

Untuk diketahui, masyarakat Desa Tumbang Mujam, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, saat ini sedang siaga banjir. Pasalnya, debit air di desa langganan banjir itu sudah mulai naik. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru