Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menpora: Tuan Rumah Fornas VII 2023 Harus Sukses Seperti Sumsel

  • Oleh ANTARA
  • 02 Juli 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sumatera Selatan - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengharapkan Provinsi Jawa Barat selaku tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII pada tahun 2023 melanjutkan kesuksesan seperti Sumatera Selatan.

"Mudah-mudahan kami harapkan demikian karena Jawa Barat juga berpengalaman menggelar even olahraga nasional sehingga diminta tidak kalah dari Sumsel selaku tuan rumah Fornas VI yang sukses," kata Menpora Zainudin Amali seusai membuka Fornas VI Sumsel di venue Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat malam.

Menurutnya, Fornas VI Sumsel patut menjadi contoh bagi daerah lain dalam penyelenggaraan multieven olahraga masyarakat karena semuanya dipersiapkan dengan matang.

Hal tersebut bisa dilihat mulai dari jumlah peserta mencapai 12 ribu yang melebihi jumlah kepesertaan Fornas tahun-tahun sebelumnya, termasuk pula pengemasan rangkaian acara pembukaan yang sangat meriah dan tertib.

Apa lagi, lanjutnya, berdasarkan laporan dari Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) selaku panitia penyelenggara, semua rangkaian Fornas VI Sumsel menggunakan dana kolaborasi APBD dan dukungan masyarakat.

"Contoh penyelenggaraan yang baik untuk sebuah multieven olahraga masyarakat yang mungkin selama ini belum diperhatikan, Sumsel sudah membuktikan itu (olahraga masyarakat) tidak kalah dengan multieven olahraga prestasi, jadi mari sama-sama kita dorong acara ini berjalan lancar sampai penutupan," kata dia.


Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, semua rangkaian kegiatan dalam Fornas VI yang di mulai sejak 1-7 Juli tersebut murni dilakukan secara gotong-royong antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN dan BUMD termasuk masyarakat setempat.

"Ada APBD senilai Rp17 miliar untuk mendukung semua Induk Olahraga yang ada di Fornas VI, selebihnya seperti pada pembukaan-penutupan nanti itu gotong-royong pemerintah dan masyarakat, BUMN/BUMD setempat yang semua dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku dan transparan," kata dia.

Ia pun mengharapkan, semua hal yang telah dipersiapkan dengan semangat kebersamaan tersebut bisa selaras dengan tujuan dari pada Fornas VI itu sendiri yakni membangkitkan semangat masyarakat berolahraga setelah terdampak pandemi COVID-19 dan misi melestarikan olahraga dan rekreasi masyarakat nasional di tengah kemoderenan zaman.

"Terimakasih untuk semua pihak terkait yang telah mendukung Fornas VI Sumsel ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua KORMI Pusat Hayono Isman mengatakan, antusias peserta sangat tinggi untuk mengikuti Fornas VI karena diketahui 68 persen dari jumlah sebanyak 12 ribu peserta itu mereka menggunakan dana pribadi tanpa bantuan dari APBD daerah masing-masing.

"Ya, mereka bayar sendiri untuk bisa ke Palembang, ada naik kapal, mobil bahkan naik sepeda ontel dari Jawa. Membuktikan semangat kolaboratifnya sangat luar biasa di sini," kata dia.

Sehingga sudah seharusnya, lanjutnya, Jawa Barat selaku tuan rumah Fornas VII tahun depan merasa tertantang untuk bisa lebih baik lagi dari
Fornas VI Sumsel.

"Tujuannya untuk membangkitkan lagi semangat olahraga masyarakat. Dari situ bukan hanya memperkuat ketahanan fisik tapi juga memperkuat hubungan sosial antarmasyarakat, termasuk pula mampu menumbuhkan perekonomian daerah, melalui kunjungan kepariwisataan dan semacamnya," tandasnya.
 

ANTARA

Berita Terbaru