Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perilaku Hidup Sehat Diyakini Cegah Hepatitis Akut

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Juli 2022 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Perilaku hidup bersih dan sehat diyakini masih menjadi cara paling efektif untuk mencegah penularan virus hepatitis akut, walaupun sejauh ini belum ada kasus ditemukan di Bumi Bahaum Bakuba (Julukan Kabupaten Lamandau).

"Kita imbau ke masyarakat terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat," ajak Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau, Rosmawati di Nanga Bulik. Sabtu, 2 Juli 2022.

Dia menuturkan, perilaku hidup sehat di antaranya, dengan mencuci tangan menggunakan air mengalir, menghindari jajanan makanan yang tidak sehat karena berpotensi menularkan virus melalui mulut dan masuknya melalui makanan.

Selain itu, pihak sekolah diingatkan meningkatkan pengawasan serta kesterilan terhadap jajanan makanan yang dijual bebas di sekitar lingkungan sekolah. 

Begitu pula dengan anjuran pemerintah kepada masyarakat untuk mengikuti imunisasi dan vaksinasi COVID-19 karena sebagai penangkal masuknya virus ke tubuh seseorang.

"Kalau imunisasi baik maka itu pertahanan yang ampuh menjaga serangan virus ini. Karena yang terserang ini relatif anak-anak satu bulan sampai 16 tahun," ucapnya.

Adenovirus dicurigai sebagai penyebab hapatitis akut. Dia menjelaskan, Adenovirus merupakan kelompok virus yang dapat menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas, saluran pencernaan, mata, hingga sistem saraf.

"Ini bukan virus biasa, karena ini adenovirus. Oleh karena itu, langkahnya kemudian anak diatas enam tahun kita berikan vaksin Covid-19, jadi kekebalan tetap dijaga. Masyarakat juga diminta untuk melaporkan jika menemukan hal ini (gejala terpapar)," harapnya.

Selain langkah penanganan, Kadis menyarankan kepada masyarakat tidak perlu takut atau khawatir secara berlebihan. Sebab, petugas kesehatan telah jauh hari melakukan langkah pencegahan terhadap penularan virus misterius tersebut. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru