Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Terima Aspirasi Masyarakat Kecamatan Gunung Bintang Awai

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Juli 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Yulilis menerima aspirasi dari masyarakat Kecamatan Gunung Awai, Kabupaten Barito Selatan ketika melakukan reses di wilayah setempat belum lama ini. 

Dia mengatakan, pada reses itu, diadakan pertemuan dengan masyarakat termasuk kepala Desa Tabak Kanilan. Aspirasi itu mengenai isentif untuk ketua RT dan kepala desa dari Pemprov Kalteng.

"Berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari pertemuan itu, disebutkan oleh kepala desa di sana pada tahun 2014, 2015 ada isentif dari pemprov. Tapi setelah itu tidak ada lagi. Jadi, ini yang mereka harapkan supaya insentif itu bisa diberikan lagi," ungkapnya, Sabtu, 2 Juli 2022.

Selain itu, ada juga aspirasi lain yang disampaikan kepala Desa Tabak Kanilan terkait hasil sosialisasi perusahaan tambang batu bara yang ada di wilayah tersebut, yakni berkaitan dengan tenaga kerja atau karyawan.

"Awalnya tenaga kerja yang ada di perusahaan itu diminta harus diprioritaskan warga desa di sana, namun dalam pelaksanaannya tidak sesuai kenyataan," ujarnya.

Tidak berhenti di situ, aspirasi juga disampaikan oleh panitia pembangunan Langgar Nurul Jannah yang terdapat di Desa Bipak Kali, Kecamatan Gunung Bintang Awai. Pania mengusulkan bantuan dana.

"Panitia langgar tersebut memohon bantuan dana kepada Pemprov Kalteng, untuk rehabilitasi Langgar Nurul Jannah, dana yang dibutuhkan yakni sebesar Rp 205.100.000," ucapnya.

Selanjutnya, aspirasi di bidang kesehatan, juga terima pada waktu itu. Aspirasi itu disampaikan oleh pihak Puskesmas Gunung Bintang Awai.

"Puskesmas yang ada itu sampai saat ini belum mempunyai sarana rawat inap dan dokternya kurang aktif, hanya satu atau dua hari turun kerja dalam seminggu dan berdomisili di Buntok. Ini yang menjadi keluhan mereka serta diharapkan ada solusi," jelasnya.

Kemudian, ada juga disampaikan masukan dari Kepala Desa Kayuban. Mayarakat di sana mengusulkan pembuatan sambungan irigasi sepanjang 3 kilo meter.

"Tokoh masyarakat Desa Tabak Kanilan juga ada mengusulkan pembuatan pagar kuburan, karena posisinya berada di pinggir jalan raya. Besar harapan masyarakat semua aspirasi yang disampaikan itu dapat direalisasi," tutupnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru