Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Syukurlah, Banjir di Tumbang Mujam Mulai Surut

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 02 Juli 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banjir di Desa Tumbang Mujam, Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, mulai surut, Sabtu, 2 Juli 2022. Warga pun bersyukur banjir tak seperti yang dikhawatirkan. 

"Kabar baik, air mulai surut. Kemarin 60 senti meter sekarang sudah 48 senti meter," ungkap Sekretaris Desa Tumbang Mujam, Dolik. 

Banjir mulai surut seiring dengan curah hujan yang juga semakin jarang, sehingga tak makin parah.  Warga pun berharap banjir benar-benar surut dan kering, sehingga aktivitas mereka bisa berjalan normal. 

Selain itu warga Desa Tumbang Mujam juga berharap banjir yang kerap terjadi mendapat perhatian serius pemerintah kabupaten melalui pihak terkait. 

"Kami berharap supaya pemerintah mengupayakan pemindahan bertahap rumah warga dari dataran rendah ke dataran tinggi," katanya. 

Selama ini Desa Tumbang Mujam, merupakan salah satu desa di Kecamatan Tualan Hulu yang rawan dilanda banjir. Pasalnya Kecamatan Tualan Hulu merupakan wilayah perbukitan sedangkan Desa Tumbang Mujam berada di dataran rendah. 

Selain Desa Tumbang Mujam, sejumlah desa lain di kecamatan itu juga rawan banjir. Di antaranya Desa Merah, dan Desa Luwuk Sampun. Beberapa hari terakhir banjir menghantui desa karena tingginya intensitas hujan. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru