Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tetap Prokes Saat Pelaksanaan Kurban

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Juli 2022 - 19:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Umat islam akan melaksanakan ibadah Idul Adha atau hari raya kurban dalam waktu dekat. Pelaksanaan ibadah kurban tersebut diimbau untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan prokes tersebut dilaksanakan setiap tahapan kurban.

“Prokes dari proses persiapan sampai pasca penyembelihan,” sebut Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan COVID-19 secara virtual yang disiarkan YouTube kanal resmi Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan itu Wiku mengingatkan tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang telah terdeteksi di 19 provinsi, 223 kabupaten kota dengan lima Provinsi tertinggi di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Aceh, dan Jawa Barat.

Di tengah merebaknya PMK masyarakat diimbau untuk memilih hewan kurban yang benar-benar sehat dan meminimalisir kontak dengan hewan.

“Lakukan penyembelihan di rumah potong hewan atau serahkan ke badan amil zakat yang terpercaya,” ucapnya.

Ia mengatakan nantinya tidak hanya proses penyembelihan, pemerintah melalui kementerian agama juga akan mengatur ibadah yang aman, khususnya saat ada tren kenaikan kasus nasional dan varian baru.

Perlu diketahui berdasarkan data MMC Kalteng, angka kasus sakit PMK di Kalteng tercatat ada 377 dengan persentase terjangkit 29 persen. (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru