Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lakukan Ini Untuk Cegah Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Juli 2022 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalimantan Tengah, drh Eko Hari Yuwono menyampaikan bahwa dirinya menyarankan masyarakat Kota Palangka Raya, terutama peternak untuk melakukan 6 langkah demi mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK.

"Lakukan 6 langkah, pertama, jaga jarak dengan ternak. Yang dikhawatirkan bukan ternak menularkan penyakit ke kita manusia tetapi sebaliknya, kita yang membawa PMK dari tempat lain kepada ternak kita. Lalu yang kedua, gunakan masker," kata drh Eko kepada Borneonews saat dikunjungi di peternakannya, Sabtu, 2 Juli 2022.

Ketiga, cuci tangan dengan desinfektan sebelum dan sesudah masuk kandang. "Keempat, isolasi dan obati ternak yang sakit supaya tidak menyebarkan penyakit ke ternak yang masih sehat," tutur drh Eko lagi.

Kepala Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya ini menambahkan, langkah kelima ialah membatasi akses keluar masuk ke kandang atau peternakan.

"Keluar masuk ini bukan hanya soal keluar masuk hewannya ya, tetapi juga keluar masuknya orang, serta keluar masuknya alat angkut ternak ke lokasi kandang," tuturnya lagi.

Terakhir ialah menghubungi Petugas Kesehatan Hewan di 082350823335 jika mendapati hewan yang terindikasi tertular penyakit mulut dan kuku. (TESTI PRISCILLA/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru