Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Lepaskan ODGJ dari Pasung

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Juli 2022 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau, telah menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat yang masuk dalam kategori orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Dinas Kesehatan Lamandau, Rosmawati menjelaskan, hal itu sebagai upaya pemerintah kabupaten setempat dalam menyukseskan Indonesia bebas pasung.

"Kami melalui bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, telah memprogramkan kegiatan kunjungan spesialis jiwa di Lamandau," terang Rosmawati, Minggu 3 Juli 2022.

Kunjungan tersebut telah digelar dengan berkeliling ke sejumlah desa yang ada pada 11 wilayah Puskesmas di Kabupaten Lamandau.

Dalam kunjungan itu ia menjabarkan, pihaknya masih ditemukan dua ODGJ yang dipasung keluarganya, sehingga langsung dilakukan pelepasan untuk mendapatkan pengobatan.

Terpisah, Sekda Kabupaten Lamandau Muhamad Irwansyah mengatakan, pihaknya telah melepaskan sejumlah ODGJ dari pasungan dan dibawa untuk dilakukan perawatan.

"Kami harapkan dukungan semua pihak, yakni apabila ditemukannya ODGJ bisa disampaikan kepada petugas kesehatan di lapangan sehingga bisa diambil langkah langkah untuk membantu menyelesaikannya," pungkas Sekda. (HENDI NURFALAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru