Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Komitmen Tingkatkan Ketahanan Pangan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Juli 2022 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau terus meningkatkan ketahanan pangan daerah, salah satunya sebagai upaya mengimbangi laju pertumbuhan penduduk.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menjelaskan, berdasarkan data yang pihaknya peroleh, jumlah penduduk kabupaten berjuluk Bahaum Bakuba itu setiap tahun semakin meningkat.

“Pertumbuhan penduduk kita dilaporkan sebesar 3,68 persen per tahun, artinya semakin banyak komoditas pangan yang harus disediakan untuk mencukupi kebutuhan penduduk setiap tahun,” ungkapnya, Minggu 3 Juli 2022.

Oleh karenanya untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dan di antaranya upaya yang pemkab adalah memacu pembangunan pada bidang pertanian. Hal ini direalisasikan melalui ragam program dan kerja di bidang pertanian.

Hendra menjelaskan, salah satu yang pemkab telah laksanakan pada Juni lalu adalah memberikan bantuan bibit tanaman buah manggis dan benih padi inbrida sawah kepada kelompok tani di Kecamatan Sematu Jaya.

Penerima bibit buah manggis dan benih padi inbrida sawah tersebut adalah Kelompok Tani Makmur Jaya Desa Bina Bhakti dengan bantuan sebanyak 800 batang buah manggis dan penerima benih padi inbrida sawah 625 kilogram dibagi untuk kelompok tani desa yang ada di Kecataman Sematu Jaya.

Dia juga menyampaikan, dukungan pemkab untuk meningkatkan ketahanan pangan salah satunya dengan pemberian bantuan berupa bibit buah manggis dan benih padi.

Pihaknya juga rutin memberikan bantuan berupa saprodi, hingga pelatihan dan pendampingan baik berkaitan dengan komoditas pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan maupun perikanan.

“Kami harapkan dukungan yang diberikan pemkab dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, sehingga berdampak positif terhadap pembangunan daerah baik di bidang pertanian maupun ketahanan pangan,” ucapnya.

Dengan adanya dukungan yang diberikan pemkab melalui berbagai program dan kegiatan diharapkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani juga semakin meningkat. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru