Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sainz Klaim Kemenangan Perdana dalam Karier di Grand Prix Inggris

  • Oleh ANTARA
  • 04 Juli 2022 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Carlos Sainz meraih kemenangan perdananya di Formula 1 pada balapan ke-150 dalam kariernya setelah merampungkan Grand Prix Inggris yang sempat dihentikan sementara karena drama lap pembuka, Minggu 3 Juli 2022.

Sergio Perez yang mengalami kerusakan sayap depan dan harus menjalani pitstop lebih awal, finis 3,779 detik di belakang sang pebalap Ferrari demi mengamankan P2 untuk Red Bull di saat rekan satu timnya, Max Verstappen mengalami kendala teknis dan harus puas finis P7.

Lewis Hamilton mendapat dorongan semangat dari para pendukung tuan rumah setelah sempat memimpin lomba beberapa putaran sejak lap ke-26.

Sang pebalap Mercedes akhirnya finis P3 demi podium setelah mengalahkan Charles Leclerc yang harus kehilangan peluang juara karena kesalahan strategi Ferrari yang memutuskan sang pebalap Monako bertahan dengan ban hard di saat para rivalnya berganti ban soft menyusul safety car pada lap ke-39 karena mobil Alpine Esteban Ocon mogok di lintasan lurus utama.

"Saya tidak tahu berkata apa, ini luar biasa. Kemenangan pertama setelah 150 balapan, dengan Ferrari dan di Silverstone," kata Sainz dikutip laman resmi F1.

"Lewis mengejar, saya dengar, tapi saya berhasil bertahan. Ini tidak mudah, saya kewalahan dengan keseimbangan di stint pertama.... Kemudian safety car memberi kami peluang untuk bangkit dan kami melakukannya."

Fernando Alonso melengkapi peringkat lima besar untuk tim Alpine, di depan Lando Norris yang finis P6 untuk McLaren.

Haas meraih poin ganda lewat Mick Schumacher, yang untuk pertama kali finis dengan poin di tahun rookinya di P8, di depan Sebastian Vettel (Aston Martin) dan rekan satu timnya, Kevin Magnussen.

Balapan sempat dihentikan setelah lap pertama menyusul kecelakaan beruntun yang mengirim mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu terbalik dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.

Alexander Albon, Sebastian Vettel dan Esteban Ocon terlibat di kecelakaan terpisah setelah start. Sang pebalap Williams mendapati mobilnya menabrak pagar sisi kanan saat berupaya mengerem menghindari kecelakaan.

Setelah restart, Verstappen sempat mencuri posisi pimpinan lomba pada lap ke-10 saat Sainz melakukan kesalahan di Beckett, akan tetapi dua lap berselang sang pebalap Red Bull tampak mengalami kendala dengan bannya sebelum terpaksa melakukan pitstop.

"Mobil ini rusak 100 persen," keluh Verstappen lewat radio sebelum kembali mengeluh kehilangan grip depan dan belakang.

Meski finis P7, Verstappen mempertahankan posisi sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 181 poin, sedangkan Perez memangkas jaraknya menjadi 34 poin setelah 10 balapan.

Leclerc di peringkat tiga dengan 138 poin diikuti Sainz yang berjarak 11 poin di peringkat empat. Sirkus Formula 1 akan dilanjutkan ke Red Bull Ring, Austria pekan depan.
 
ANTARA

Berita Terbaru