Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebijakan Pembelian Kebutuhan Dasar Pakai Aplikasi Perlu Dievaluasi

  • Oleh Hendri
  • 04 Juli 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah belakangan ini mendorong pembelian beberapa kebutuhan dasar lewat aplikasi. Di antaranya aplikasi PeduliLindungi untuk beli minyak goreng curah dan MyPertamina untuk membeli BBM Bersubsidi.

"Pemberlakuan aturan ini harus dievalusi kembali. Minyak goreng dan BBM adalah kebutuhan primer, makanya proses distribusinya harus praktis dan memudahkan masyarakat," kata Anggota DPRD Palangka Raya, Noorkhalis Ridha, Senin 4 Juli 2022.

Berdasarkan laporan masyarakat,  membeli minyak goreng curah harga subsidi dengan menggunakan NIK atau KTP dan kemudian aplikasi PeduliLindungi, membuat mereka khawatir terjadinya penyalahgunaan data pribadi.

"Publik tentu masih ingat perihal info kebocoran data pribadi melalui aplikasi Pedulilindungi. Jadi banyak yang enggan menggunakan aplikasi tersebut," ungkap Politisi PAN itu.

Sementara penggunaan aplikasi MyPertamina sebagai syarat mengisi atau membeli bahan bakar akan menyulitkan masyarakat di pelosok yang belum memiliki akses jaringan untuk menggunakan aplikasi di smartphone.

"Pertimbangkan juga efisiensi waktu saat mengantri di pom bensin. Jangan sampai aktivitas scanning aplikasi membuat antrean padat dan panjang," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru