Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMDSos Benarkan Ada Laporan Pelecehan oleh Oknum Kabid ke Calon Peserta KIP Kuliah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Juli 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial atau DPMDSos Kabupaten Barito Timur Barnusa membenarkan adanya laporan dari orangtua korban terkait dugaan pelecehan yang dilakukan oknum kabid sosial terhadap calon peserta Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah.

"Kejadian ini terjadi saat saya berada di Yogyakarta mengawal kontingen pesparawi. Hari Senin lalu saat saya masuk kerja baru saya mendapatkan berita itu," ungkapnya saat ditemui, Senin, 4 Juli 2022.

Menurut Barnusa, saat dirinya berada di luar daerah masalah tersebut telah berproses dan kedua bela pihak sudah menyelesaikan secara kekeluargaan.

Meski demikian sebagai pimpinan langsung dari oknum kabid tersebut, dia mengaku turut bersalah karena ada proses yang seharusnya dilakukan untuk menghindari kejadian pelecehan tersebut.

"Beberapa hari kemudian saya juga memanggil yang bersangkutan dan mendengarkan pengakuannya serta memberikan pengarahan agar prosedur pengurusan KIP Kuliah jangan lagi dilakukan di ruangan tertutup atau pintu tertutup, juga jangan di luar jam kantor," ujarnya.

Barnusa mengakui peminat KIP Kuliah cukup tinggi sehingga kadang proses pengurusannya melampaui jam kerja kantor.

"Kalau dilakukan di luar jam kantor itulah yang kadang-kadang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena pegawai yang lain sudah pulang. Jadi tiga hal itu yang saya kontrol yaitu pertama prosedur dan yang kedua etika dan yang ketiga jam kantor. Kalau memang sudah melewati jalur itu silakan saja," ujarnya.

Kepala DPMDSos juga sudah mengingatkan oknum kabid tersebut agar benar-benar merubah perilaku sesuai dengan permintaan maaf yang disampaikan kepada pimpinan.

"Untuk mempertanggungjawabkan penyesalannya itu yang saya tuntut sebagai pimpinan. Di satu sisi saya harus melakukan pembinaan tapi di sisi yang lain saya juga harus merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat. Saya juga telah meminta maaf kepada keluarga korban karena itu di bawah pimpinan saya," tegas Barnusa.

Saat dikonfirmasi Borneonews, orang tua korban mengakui bahwa oknum kabid tersebut bersama keluarga sudah meminta maaf dan meminta penyelesaian secara kekeluargaan. Hal tersebut yang menjadi alasan belum melaporkan ke kepolisian. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru