Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov bersama Penegak Hukum Diminta Tindak Tegas Angkutan PBS Langgar Anturan

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Juli 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, HM Sriosako meminta kepada pemprov bersama dengan aparat penegak hukum agar menindak tegas angkutan milik PBS yang melanggar aturan melintasi jalan umum.

Dia mengungkapkan, hingga kini, masih banyak kendaraan PBS yang over loading atau melebihi muatan melintasi jalan umum, sehingga mengakibatkan kerusakan jalan seperti salah satunya di ruas Palangka Raya - Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas.

"Ruas jalan Palangka Raya - Kuala Kurun kini kembali mengalami kerusakan, akibat masih dilintasi kendaraan angkutan milik PBS. Seharusnya ini ditindak tegas dan dihentikan sesuai aturan yang belaku," ujarnya, Senin, 4 Juli 2022.

Dia mengatakan, berbagai cara telah dilakukan oleh masyarakat di sana untuk menghentikan kendaraan angkutan PBS agar tidak melintasi jalan tersebut. Mulai dari pemblokiran jalan, menyampaikan aspirasi ke pemerintah baik Kabupaten Gunung Mas, Pemprov Kalteng bahkan DPRD. Namun, hal itu masih belum dapat menyelesaikan masalah.

"Masyarakat hanya ingin aspirasi mereka didengar, bukti-bukti sudah cukup banyak bahwa rusaknya jalan itu karena diakibatkan sering dilintasi kendaraan PBS yang over loading. Kami di DPRD ini hanya mengingatkan bukan untuk mengambil keputusan, itu tugas eksekutif," jelasnya.

Disebutkannya bahwa, sesuai isi dalam Perda Nomor 7 Tahun 2012, PBS wajib membuat jalan khusus. Hal inilah yang perlu ditegakkan oleh pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga, masyarakat dan daerah juga tidak dirugikan oleh perusahaan yang minim kontibusi terhadap pembangunan seperti halnya infrastruktur.

Di sisi lain, ia juga menyarankan agar pemerintah bisa membangun jembatan timbang di ruas jalan Palangka Raya - Kuala Kurun dalam rangka memperketat pengawasan terhadap angkutan yang melebihi kapasitas tonase jalan.

"Pembangunan jempatan timbang ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meminimaliso kerusakan jalan yang ada. Jadi, harapan kita ini dapat menjadi perhatian dan segera direalisasi," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru