Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Jenis Vaksin PMK yang Telah Dilakukan pada Ternak Sapi di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 Juli 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Medik Veteriner Muda Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), drh GM Sofyannoor mengatakan, dari 2.700 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dialokasikan ke Provinsi Kalteng, Kabupaten Kobar mendapatkan 700 dosis.

Vaksin tersebut, kata GM Sofyanoor, bermerek Aftopor yang diproduksi oleh perusahaan Merial dari Perancis.

"Jenis vaksin tersebut berasal dari virus yang inaktif dan telah dimurnikan. Vaksin ini dikemas dalam botol volume 200 mili liter dengan pemberian 2 mili liter pada seekor ternak sapi. Untuk penyimpanannya vaksin ini diperlukan suhu sekitar 2 - 8° Celsius," kata GM Sofyanoor, Senin, 4 Juli 2022

GM Sofyanoor melanjutkan, Kabupaten Kobar menerima 7 botol berisi 100 dosis vaksin dan telah diterima 25 Juni 2022.

"Vaksin tersebut untuk mengakomodir 700 ekor sapi yang merupakan ternak prioritas yang mendapatkan vaksinasi PMK. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan sebanyak 3 kali, untuk dosis 1 telah tuntas dilakukan sesuai target tanggal 1 Juli 2022. Kemudian dosis 2 diulang sebulan kemudian dan dosis 3 dilakukan 6 bulan pascapemberian dosis 2," jelas GM Sofyanoor.

Dia menambahkan, tata laksana vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan secara online dalam Rapat Koordinasi Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku.

"Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan diikuti oleh Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Walikota), Perangkat Daerah, Kementerian/Lembaga, TNI/Polri, Satgas Penanganan Covid-19 dan organisasi yang digelar 24 Juni 2022," tuturnya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru