Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kabupaten dan Kota Diminta Pastikan Hewan Kurban Aman dari PML

  • Oleh Nopri
  • 04 Juli 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta pemerintah kabupaten kota untuk dapat memastikan semua hewan kurban aman dari penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Saya meminta masing-masing kepala daerah untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan ibadah kurban pada Hari Raya Iduladha. Untuk itu, laporkan status penanganan wabah PMK secara berkala," pesannya, Senin, 4 Juli 2022.

Dia menegaskan, untuk pengendalian dan penanggulangan wabah PMK pada hewan ternak di masing-masing wilayah harus melalui pengamatan, pengidentifikasian, pencegahan, pengamanan, pemberantasan, dan pengobatan hewan.

Strategi utama menangani penyebaran PMK adalah dengan penerapan biosekuriti kandang, pengetatan lalu lintas hewan ternak dan pengembalan hewan ternak melalui vaksinasi.

"Saya meminta seluruh instansi untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam menangani wabah PMK. Lakukan pengawasan optimal, mulai dari tingkat kelurahan, serta membentuk posko  posko gugus tugas penanganan PMK di tiap wilayah wabah dengan melibatkan stekolder terkait," tegasnya.

Dia juga mengajak seluruh pihak terkait baik dari pemerintah kabupaten dan kota, instansi vertikal, para tokoh, dan lain sebagainya untuk bersinergi agar penyakit yang menyerang hewan ternak tersebut segera dapat ditangani dengan baik.

"Setelah ini akan dilaksanakan rapat-rapat koordinasi dan turun ke daerah, khususnya daerah-daerah yang merah, penanganan PMK ini harus dilakukan dengan secepat mungkin, agar tidak berdampak terhadap perekonomian daerah," tutupnya. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru