Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kompetensi Guru MIN 1 Kapuas Lewat Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Juli 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kapuas terus berupaya dalam meningkatkan kompetensi guru dan di antaranya lewat Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas Arbainsyah, Ketua Pokjawas Hairani, Kepala MIN 1 Kapuas Ahmad Yani, dan seluruh dewan guru pada MIN 1 Kapuas, hadir juga pemateri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Bubu.


Kepala MIN 1 Kapuas, Ahmad Yani mengatakan tujuan dari kegiatan workshop ini  memberikan pemahaman dan penguatan kepada guru-guru di lingkungan MIN 1 Kapuas tentang apa itu kurikulum merdeka, yang mana kurikulum merdeka bukan menggantikan kurikulum-13 melainkan memperkuat agar pembelajaran lebih mandiri.

“Saya mengharapkan guru-guru pada lingkungan MIN 1 Kapuas bisa mempelajari, memahami materi yang sudah disampaikan oleh pemateri, serta implementasikan kurikulum merdeka ini dengan baik, tepat dan benar," katanya, Senin 4 Juli 2022.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas, Arbainsyah dalam arahanya mengatakan dengan adanya kurikulum merdeka ini maka guru harus mempersiapkan diri tidak hanya kompetensi.

Tapi daya pikir yang luas agar implementasi kurikulum medeka dapat maksimal dan kurikulum merdeka tidak menggantikan kurikulum-13 melainkan memperkuat pasca dua tahun pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring.

“Penerapan kurikulum merdeka tertuang dalam Keputusan Mendikbud Ristek Nomor 162/M/2021 tentang Sekolah Penggerak, dan untuk penerapan diserahkan kepada sekolah masing-masing jadi bapak-ibu guru tidak perlu kawatir selalu berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan pengawas yang membidangi," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru