Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Leonard S Ampung Ingatkan Fungsi Pembentukan TPAKD

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Juli 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Leonard S Ampung mengingatkan enam fungsi dibentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Semester l TPAKD se-Provinsi Kalteng di Aula Jayang Tingang Kompleks Kantor Gubernur Kalteng, Senin, 4 Juni 2022.

Leonard menjelaskan, tujuan pertama TPAKD untuk mendorong ketersediaan akses keuangan seluas-luasnya kepada masyarakat, melalui berbagai inovasi dan terobosan baru untuk mendukung perekonomian daerah.

Kemudian, mendorong adanya aliansi strategis dan peran serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan kementerian/lembaga di daerah, Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan pemangku kepentingan terkait dalam rangka perluasan akses keuangan di daerah.

"(TPAKD) menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, dalam rangka pemerataan ekonomi dan kemandirian daerah," tuturnya saat membacakan sambutan gubernur Kalteng.

Setelah itu, mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah, dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif, seperti untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan (start up business) dan membiayai pembangunan sektor prioritas.

Tujuan kelima TPAKD adalah mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Terakhir, TPAKD berfungsi melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan akses keuangan di daerah. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru