Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendangkalan dan Sampah Penyebab Banjir di Palangka Raya Ketika Hujan Deras

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Juli 2022 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketika terjadi hujan deras atau dengan itensitas tinggi, beberapa wilayah di Kota Palangka Raya kerap banjir, hal itu diketahui karena diakibatkan pendangkalan dan banyaknya sampah yang menyumbat saluran drainase.

Tim TRC BPBD Kota Palangka Raya pun berherak cepat dengan melakukan penyemprotan di beberapa titik saluran drainase yang kerap terjadi banjir akibat saluran yang tersumbat sampah karena pendangkalan.

"Tim kita sudah melakukan penyemprotan di beberapa titik seperti jalan P Samudra III Kelurahan Menteng, Jalan Tjilik Riwut km 2 pasar Kahayan Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, dari dua lokasi itu penyebab genangan yaitu sampah dan pendangkalan," ungkap Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, Senin, 4 Juli 2022.

Emi mengatakan, masih ada beberapa titik lokasi di beberapa wilayah Kota Palangka Raya yang perlu penanganan agar saluran air bisa lancar. Selain itu, pendangkalan juga menjadi penyebab lambatnya air mengalir.

"Regu Tim TRC BPBD Kota Palangka Raya bergerak ke lokasi  untuk melakukan penyemprotan saluran parit atau drainase yang tersumbat sampah dengan mengunakan mobil Damkar. Langkah ini akan trus kita lakukan guna antisipasi awal," ujarnya.

Di sisi lain, Emi mengajak masyarakat khususnya yanh ada di Kota Palangka Raya agar dapat terus menjaga lingkungan terutama tidak membuang sampah pada saluran drainase karena hal itu bisa mengakibatkan banjir.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan terutama sampah, jangan membuang di saluran drainase karena dampaknya ya seperti saat ini, sering terjadi banjir saat hujan turun," imbuhnha. (DONNY D/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru